Ini Dia Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sunday, April 21, 2024

Ini Dia Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan - Bayam (Amaranthus) adalah salah satu jenis sayuran hijau kaya zat besi yang penting untuk tubuh. Tanaman bayam berasal dari Amerika Tropik, yang kemudian tersebar ke seluruh dunia. Sayuran ini bisa kamu olah menjadi berbagai jenis hidangan. Begitu banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, membuat sayuran ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat bayam bagi kesehatan:

1. Mencegah stres oksidatif
Manfaat bayam dapat mencegah stres oksidatif. Paparan radikal bebas pada tubuh dapat memicu stres oksidatif, yang meningkatkan risiko berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi bayam, kamu akan mendapatkan asupan antioksidan yang bisa membantu mencegah terjadinya stres oksidatif.

Sebuah penelitian dalam jurnal Preventive Nutrition and Food Science, melakukan uji coba menggunakan tikus. Adapun, penelitian Bertujuan untuk mengetahui efek antioksidan dalam bayam pada tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan kolesterol. 

Diet ini membuat hewan tersebut mengalami hiperlipidemia dan stres oksidatif. Hiperlipidemia adalah istilah medis untuk menggambarkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Para peneliti tersebut kemudian memberikan ekstrak bayam sebanyak 5 persen terhadap tikus yang mengalami hiperlipidemia dan stres oksidatif. Hasilnya, kandungan antioksidan dalam bayam cukup efektif untuk memperbaiki stres oksidatif akibat diet tinggi lemak dan kolesterol.

2. Menurunkan risiko gejala asma
Bayam kaya akan antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua nutrisi ini dapat membantu fungsi paru-paru, sehingga dapat membantu mengurangi keparahan gejala asma dan mengurangi risiko serangan berulang.

3. Menjaga kesehatan tulang
Bayam mengandung vitamin K, sehingga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam sejumlah fungsi tubuh. Mulai dari bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urine.

4. Mengoptimalkan kesehatan rambut
Karena mengandung banyak vitamin A, makanan sehat ini dapat memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut.  Ketika folikel rambut menjadi lebih sehat, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih sehat. Selain itu, kekurangan zat besi adalah penyebab umum kerontokan rambut, yang dapat kamu cegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti bayam.

5. Meningkatkan kesehatan kulit
Manfaat Bayam Meningkatkan kesehatan kulit
Sayuran ini mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga produksi kolagen. Ketika kolagen terpelihara dengan baik, maka kulit akan menjadi lebih sehat.

Kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kulit akibat kerusakan kolagen, seperti kulit kusam hingga kulit yang mengendur. Bahkan, kerutan halus akan menghilang jika kolagen pada kulit terjaga dengan baik. Selain bayam, kamu juga bisa cari tahu jenis sayuran lain yang bisa membantu mengoptimalkan kesehatan kulit. Simak ulasannya melalui artikel: 13 Manfaat Selada untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Bayam kaya akan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. Menurut penelitian di University of Tokushima School of Medicine, glycol glycerolipid yang terdapat dalam bayam membantu melindungi lapisan saluran pencernaan.

Semoga Bermanfaat...
Admin : Nurdiana Indrayani