Konsumsi Sayur Bayam Dapat Mengatasi Hipertensi dan Diabetes

Sunday, April 21, 2024

Konsumsi Sayur Bayam Dapat Mengatasi Hipertensi dan Diabetes

Manfaat Sayur Bayam Bagi KesehatanDalam bayam terkandung beragam jenis antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin, selain itu bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E, Magnesium, Zat besi, Asam folat, Kalsium dan Kalium. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaatnya jika kita mengkonsumsi bayam, yuuk kita simak uraian berikut :

1. Mencegah stres oksidatif,
karena bayam mengandung antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

2. Menjaga kesehatan mata.
Hal ini dikarenakan bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran yang bermanfaat melindungi mata manusia dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari.

3. Mencegah kanker.
Bayam mengandung dua komponen, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi.
Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan otak.
Efek antiinflamasi pada bayam dapat melindungi otak dari kerusakan.

6. Mencegah anemia.
Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung asupan zat besi yang baik, sehingga dapat mencegah anemia. Akan tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Jadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyiasatinya, yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

7. Mengobati diabetes.
Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes. Selain manfaat tersebut, bayam ternyata juga dapat menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom pada penderita diabetes.

Semoga Bermanfaat...
Admin : Nadia Apriliana Syam